20210217 Awas Surat Palsu Pengangkatan CPNS Mencatut Nama Kementerian PANRB Kembali Beredar

Tangkapan layar surat palsu bernomor B/977/S.KP.01.00/2020 tentang pengangkatan CPNS  Tahun Anggaran 2013/2014 melalui Jalur Khusus.

 

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa surat yang ramai beredar melalui pesan singkat WhatsApp tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Jalur Khusus T.A 2013/2014 adalah palsu (hoaks). Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Andi Rahadian memastikan bahwa Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan  surat tersebut.

“Surat tersebut dipastikan palsu dan tidak benar. Mohon masyarakat mengabaikan surat tersebut,” jelas Andi di Kantor Kementerian PANRB, Rabu (17/02).

Surat palsu bernomor B/977/S.KP.01.00/2020 yang mencatut nama Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji tersebut mengesankan seolah Kementerian PANRB telah menetapkan keputusan pengangkatan CPNS Tahun Anggaran 2013/2014 melalui Jalur Khusus. Keputusan tersebut seolah-olah dihasilkan berdasarkan Rapat Koordinasi CPNS Jalur Khusus dengan Pejabat Pembina Teknis Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 28 Desember 2020 di Kementerian PANRB.

Disebutkan pula, seluruh peserta CPNS dari jalur khusus tersebut untuk segera melaporkan diri kepada Kepala Biro Pembina Kepegawaian Pemerintah Provinsi. Andi menegaskan bahwa Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa pengangkatan CPNS hanya dilakukan melalui proses seleksi. “Semua pengangkatan CPNS harus melalui tahapan seleksi. Tidak ada pengangkatan tanpa tes,” terangnya.

Andi mengimbau agar seluruh informasi yang berhubungan dengan CPNS hanya bersumber dari laman www.menpan.go.id dan media sosial resmi Kementerian PANRB. Jika terdapat pertanyaan terkait kebijakan perihal ASN, dapat langsung menghubungi Media Center Kementerian PANRB melalui nomor (+6221) 7398381-89 atau melalui email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Masyarakat diminta agar selalu berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan informasi terkait kemudahan pengangkatan CPNS. “Kami harapkan masyarakat selalu waspada dan melakukan konfirmasi mengenai kebenaran informasi yang beredar melalui situs resmi instansi terkait atau menanyakan kebenarannya kepada Kementerian PANRB,” tegasnya. (del/HUMAS MENPANRB)

Sumber : menpan.go.id

https://menpan.go.id/site/berita-terkini/awas-surat-palsu-pengangkatan-cpns-mencatut-nama-kementerian-panrb-kembali-beredar

20201230 Breaking News Metro TV 1

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

 

JAKARTA – Libur Imlek telah usai. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) kembali melaksanakan tugas kedinasan pada hari Senin (15/02).

Menurut Menteri Tjahjo, ASN wajib mematuhi pengaturan jam kerja dan sistem kerja yang telah dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di instansinya masing-masing. “ASN tetap masuk kerja dengan melaksanakan tugas kedinasan di rumah (WFH) ataupun di kantor (WFO), dan mematuhi sistem shift yang telah diatur oleh PPK kementerian/lembaga di pusat ataupun pemerintah daerah,” ujarnya di Jakarta, Senin (15/02).

PPK dapat mengatur sistem kerja ASN berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB yang telah dikeluarkan sebelumnya. Selain itu, PPK juga perlu memperhatikan kebijakan satgas penanganan Covid-19 dan kepala daerah di wilayahnya.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri PANRB No. 67/2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 58 Tahun 2020 Tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru, sistem kerja ASN dilakukan dengan mengatur kehadiran jumlah pegawai yang bekerja di kantor berdasarkan kategori zonasi risiko wilayah. Untuk daerah yang berisiko tinggi, jumlah pegawai yang bekerja di kantor (work from office/WFO) paling banyak 25 persen.

Menteri Tjahjo terus mengingatkan agar ASN tetap menjadi teladan dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jika terpaksa menerima tamu di kantor, penerimaan tamu perlu dibatasi. Ingat selalu 5M,” tegasnya.

Menteri PANRB menambahkan bahwa dengan melihat situasi Covid-19 di tanah air, pemerintah perlu mengevaluasi kembali keputusan yang sudah ada terkait hari libur dan cuti bersama di tahun 2021. “Meski tingkat kesembuhan pasien Covid-19 meningkat dan program vaksinasi dipacu lebih cepat, kami juga perlu untuk selalu waspada,” pungkasnya.

Selain itu, PPK di instansi pusat dan daerah diminta untuk melaporkan pengawasan dari pelaksanaan SE Menteri PANRB No. 4/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi Pegawai ASN selama Libur Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili dalam Masa Pandemi Covid-19. (rr/ald/HUMAS MENPANRB)

Salakan - Penyerahan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Februari 2021 bertempat di pelataran Kantor Bupati Banggai Kepulauan. Sebanyak 62 Orang CPNS oleh Bupati Banggai Kepulauan Bapak Rais D. Adam.

Kegiatan berlangsung dengan baik dan khidmat dengan diwakili 3 Peserta CPNS sebagai penerima Surat Keputusan tersebut, yang diserahkan langsung oleh Bupati Banggai Kepulauan didampingi Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Ibu Marjam Mahmud Ibaad, S.H.

Dalam sambutan, Bupati Rais D. Adam menyampaikan "Saya ucapkan selamat kepada seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan yang telah menerima SK pada saat ini." Menurut Bupati, hal tersebut merupakan langkah awal untuk mengabdikan diri sebagai Abdi Negara di daerah ini.

Bupati juga berpesan kepada calon Pegawai Negeri Sipil untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita, dengan mengimplementasikan dalam tindakan nyata, bekerja dengan sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung sikap profesional, komitmen, disiplin. dan memiliki integritas serta tanggungjawab.

Bupati juga berpesan bahwa sebagai aparat sipil negara dalam bertugas harus mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku, bekerja dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, mempelajari hal-hal yang baru sebagai aktualisasi diri, tingkatkan prestasi kerja dan pedomani peraturan pemerintah. Beliau juga berharap para CPNS dapat menaati aturan pemerintah tentang disiplin PNS, meskipun para CPNS masih merupakan calon pegawai negeri, Beliau juga menghimbau pada para CPNS agar jangan malu meminta arahan dan bimbingan kepada yang lebih senior, melakukan kerjasama dan kordinasi dengan pihak-pihak lain untuk melancarkan dan mensukseskan program pembangunan di daerah ini, tegasnya.

Kegiatan tersebut bertempat dihalaman kantor Bupati Banggai Kepulauan dan diikuti oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli Hukum, Calon Pegawai Negeri Sipil serta Undangan lainnya.

 

Salakan - Dalam rangka meningkatkan pelayanan serta percepatan penyampaian informasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), maka PT. TASPEN (Persero) kantor cabang Palu akan melakukan update data peserta berupa No. HP, No. KTP dan NPWP, berkaitan dengan hal tersebut dimohon bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Banggai Kepulauan untuk mengisi data peserta pada tautan berikut :

http://bit.ly/PemutakhiranDataPegawaiASN

surat edaran PT. TASPEN (Persero) kantor cabang palu dapat diunduh ditautan berikut :

Unduh Surat Edaran PT. TASPEN (Persero) Cabang Palu

BKPSDMBANGKEP.

Salakan - Acara Sosialisasi Pengembangan dan Pembinaan Kepegawaian dan Launching Sistem Layanan Informasi Profesionalitas PNS Banggai Kepulauan (Siprof Bangkep) bertempat di Aula Pertemuan Inspektorat Kabupaten Banggai Kepulauan pada hari Rabu, 13 November 2019. Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepualauan. Diharapkan dengan adanya acara ini Kasubag Kepegawiaan dapat lebih berperan aktif dalam pelayanan kepegawaian di lingkup OPD masing-masing dan memberikan pelayanan kepada ASN dalam OPDnya.